Tak Mau Diobati, Penderita TBC Digelandang Polisi

Tak Mau Diobati, Penderita TBC Digelandang Polisi
Tak Mau Diobati, Penderita TBC Digelandang Polisi
SAN FRANCISCO - Seorang pria pengidap tuberculosis (TBC) bernama Armando Rodriguez, ditangkap oleh aparat berwenang di wilayah San Joaquin, negara bagian California, Amerika Serikat. Pria 34 tahun itu digelandang polisi bukan karena berbuat kejahatan, tapi karena telah menolak menjalani pengobatan yang dapat mencegah penyakitnya bertambah parah dan menular ke orang lain.

Rodriguez adalah warga kota Stocton divonis yang mengidap TBC paru-paru akut. Penyakit itu dapat menyebabkan batuk berdarah dan menular ke orang lain melalui udara.

 

Namun Rodriguez justru berkali-kali absen menjalani perawatan sehingga memaksa pejabat kesehatan lokal, Ginger Wick, meminta polisi mengeluarkan surat perintah penangkapan.Sebagaimana dilaporkan AP Kamis (17/5) Rodriguez sempat dirawat di Rumah Sakit Umum San Joaquin pada bulan Maret lalu dan diberikan 4 resep obat yang berbeda untuk penyakit TBC yang diidapnya.

Saat itu dia berjanji akan meminum obat-abat  tersebut dibawah pengawasan petugas kesehatan yang datang ke rumahnya setiap hari kerja dan melakukannya sendiri tanpa pengawasan kala akhir pekan. Namun setelah beberapa waktu dia menolak mengkonsumsi obat-obat tersebut dan beberapa kali tidak berada di rumah ketika petugas mendatangi rumahnya untuk sesi pengobatan.

SAN FRANCISCO - Seorang pria pengidap tuberculosis (TBC) bernama Armando Rodriguez, ditangkap oleh aparat berwenang di wilayah San Joaquin, negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News