Tak Perlu Ragu, Kendaraan Keluaran Lama Bisa Pakai BBM RON Tinggi

Tak Perlu Ragu, Kendaraan Keluaran Lama Bisa Pakai BBM RON Tinggi
Dispenser bahan bakar minyak di SPBU yang menyediakan Pertalite, Pertamax dan Premium. Ilustrasi Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto Zaenuri meminta masyarakat tak ragu menggunakan BBM RON tinggi, seperti Pertamax dan Pertamax Turbo.

Pasalnya, seluruh kendaraan pada dasarnya bisa menggunakan bahan bakar dengan RON 92  ke atas.

“Jangan ragu-ragu. Sebab, bukan hanya keluaran terbaru yang bisa menggunakan BBM beroktan tinggi. Kendaraan yang diproduksi tahun 90-an ke bawah pun bisa,” kata Tri.

Menurut Tri, pemakaian BBM dengan RON tinggi hanya butuh dua syarat. Pertama, kompresi dan kedua adalah timing ignition. Dan kedua bisa diatur pada mesin.

“Misal perbandingan kompresi harus naik, berarti silindernya harus dipotong agar lebih pendek. Jika timing ignition tidak cocok, hanya tinggal digeser,” jelas Tri.

Dengan begitu, masyarakat pemilik mobil lama hanya perlu melakukan setting mesin kendaraannya dengan menggunakan cara tersebut.

Untuk melakukan setting hanya perlu dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop, yaitu melakukan scanner untuk mengetahui perubahan perbandingan kompresi.

“Untuk mengubah engine map  tersebut, hanya dikenakan biaya Rp 200 ribu,” sebutnya.

Jangan ragu-ragu. Sebab, bukan hanya keluaran terbaru yang bisa menggunakan BBM beroktan tinggi. Kendaraan yang diproduksi tahun 90-an ke bawah pun bisa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News