Tak Sempat Berolahraga? Ini 3 Kiat Turunkan Berat Badan

Tak Sempat Berolahraga? Ini 3 Kiat Turunkan Berat Badan
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Kesibukan memaksa banyak orang bekerja dan beraktivitas tanpa henti. Namun, tuntutan untuk tampil prima dan sehat juga tidak bisa dikesampingkan. Lantas, apa yang harus dilakukan agar tetap bisa menurunkan berat badan di tengah aktivitas yang padat?

Jurnal Obesity 2012 menegaskan bahwa efek paling optimal terhadap penurunan berat badan didapatkan dari kombinasi diet sehat dan olahraga. Namun menurut dr. Jessica Florencia, baik diet maupun olahraga tetap bisa memberikan dampak penurunan berat badan jika dilakukan sendiri-sendiri tanpa kombinasi.

Jika tak sempat olahraga, rekomendasi yang dimuat di dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2005, menganjurkan tiga kiat utama dalam menurunkan berat badan. Kiat-kiat tersebut yaitu:

1. Jangan melupakan sarapan.

Sarapan memberikan awal yang baik dalam penyediaan energi untuk satu hari penuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan terus-menerus merasa kelaparan.

Tubuh juga tidak menuntut asupan kalori lebih banyak pada saat jam makan siang. Jadi, sesibuk apa pun, Anda jangan sampai melewatkan sarapan sehat dengan gizi seimbang dan porsi sedang.

2. Rendah kalori.

Agar berat badan tidak melambung tinggi, asupan rendah gula dan rendah lemak merupakan kunci utama dalam mengatur diet Anda. Journal of Research in Medical Sciences, tahun 2014, menyebutkan bahwa kunci diet yang sehat adalah rendah karbohidrat, rendah gula, dan lemak sedang.

Tuntutan untuk tampil prima dan sehat tidak bisa dikesampingkan. Lantas, apa yang harus dilakukan agar tetap bisa menurunkan berat badan di tengah aktivitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News