Taliban Bebaskan Tentara Amerika Setelah Ditawan 5 Tahun

Taliban Bebaskan Tentara Amerika Setelah Ditawan 5 Tahun
Sersan Bowe Bergdahl, satu-satunya tentara Amerika yang ditahan Taliban di Afghanistan selama hampir lima tahun, telah dibebaskan dan saat ini berada dalam perawataan militer Amerika (Foto: dok). Sersan Bowe Bergdahl, satu-satunya tentara Amerika yang ditahan Taliban di Afghanistan selama hampir lima tahun, telah dibebaskan dan saat ini berada dalam perawataan militer Amerika. AP/Voa Indonesia

jpnn.com - Taliban membebaskan tentara Amerika Serikat yang ditawan di Afghanistan selama hampir lima tahun. Pria yang ditawan itu adalah Sersan Bowe Bergdahl yang berusia 28 tahun.

Namun pembebasan ini tidak dilakukan secara gratis. Sebagai imbalannya, Taliban juga meminta lima tahanan dari penjara militer Amerika di Teluk Guantanamo, Kuba.

Seperti yang dilansir Voa Indonesia, Minggu (1/6), Pejabat Amerika Serikat memastikan Bergdahl kini berada dalam pengawasan militernya. Ia dirawat militer AS. Kondisi Bergdahl dalam keadaan sehat dan sudah mampu berjalan.

Pertukaran tahanan itu menyusul negosiasi Amerika-Taliban yang ditengahi pemerintah Qatar. Kelima tahanan itu akan tinggal dan tidak boleh meninggalkan Qatar selama setidaknya setahun.
 
Dalam pernyataan hari Sabtu (31/5), Presiden Amerika Barack Obama mengatakan pembebasan Bergdahl merupakan komitmen AS yang menghargai nyawa para tentaranya.

"Bukti komitmen tak tergoyahkan Amerika untuk tidak membiarkan satupun tentaranya tertinggal di medan perang,” kata Obama. (awa/jpnn)


Taliban membebaskan tentara Amerika Serikat yang ditawan di Afghanistan selama hampir lima tahun. Pria yang ditawan itu adalah Sersan Bowe Bergdahl


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News