Tambahan Kuota Haji Tergantung Fasilitas di Arab Saudi

Tambahan Kuota Haji Tergantung Fasilitas di Arab Saudi
Tambahan Kuota Haji Tergantung Fasilitas di Arab Saudi
JAKARTA — Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, kuota haji Indonesia tahun 2011 masih belum pasti. Sebab, kepastian kuota haji masih menunggu persetujuan tambahan dari Pemerintah Arab Saudi.

Meski demikian Pemerintah Indonesia berharap pengajuan penambahan kuota bisa terpenuhi sehingga daftar tunggu atau waiting list calon jemaah haji (CJH) Indonesia bisa berkurang. "Sekarang waiting list (daftar tunggu) haji yang mengantri lebih satu juta Calon Jemaah Haji. Kita tetap berusaha menambah kuota, dengan demikian antrian ini bisa diperpendek," kata Suryadharma menjawab wartawan di Istana Negara, Senin (25/7).

Untuk kuota haji tahun 2011, saat ini yang sudah disetujui baru untuk 211 ribu CJH. Jumlah itu terdiri dari 194 ribu jemaah reguler dan 17 ribu haji khusus. Pemerintah Indonesia telah mengajukan permintaan tambahan kuota sebanyak 27,6 ribu CJH lagi kepada pemerintah Arab Saudi.

"Jadi akan ada 237,6 ribu CJH. Itulah hitungan yang pas dari jumlah penduduk. Karena hitungannya 1 per 1.000 dari penduduk. Mudah-mudahan bisa dikabulkan, karena pada prinsipnya mereka ingin (memberi tambahan kuota) tapi karena keterbatasan fasilitas di sana, itu yang membuat mereka belum memberikan izin untuk penambahan," jelas Suryadharma.

JAKARTA — Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, kuota haji Indonesia tahun 2011 masih belum pasti. Sebab, kepastian kuota haji masih menunggu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News