Tambang Galian C Bikin Lereng Gunung Batur Tak Lagi Hijau

Tambang Galian C Bikin Lereng Gunung Batur Tak Lagi Hijau
Pertambang mengikis kawasan lereng Gunung Batur di Kabupaten Bangli, Bali. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, BALI - Tak semua orang tahu, sebagian dari Lereng Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli saat ini tak seelok gunungnya yang berdiri kokoh.

Lereng gunung itu berlubang di sana sini karena pengerukan material pasir dan kerikil. Kawasan itu rusak oleh sejumlah aktivitas tambang galian C.

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali dan Nusa Tenggara Rijaluzzaman mengatakan, seharusnya wilayah lereng Gunung Batur itu dilindungi pemerintah setempat. 

Tambang Galian C Bikin Lereng Gunung Batur Tak Lagi Hijau

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali dan Nusa Tenggara Rijaluzzaman

Apalagi Kaldera Batur sudah menjadi kawasan Geopark yang diakui dunia internasional.

"Sekarang bisa kita lihat sendiri truk pasir bolak balik menuju lokasi itu untuk mengambil pasir. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan," ujar Rijal pada JPNN.

Menurut Rijal, sejumlah penambangan liar itu sangat merusak lingkungan. Seperti menghilangkan mata air, menurunkan kualitas dan kuantitas air tanah menghilangkan tutupan vegetasi, perubahan bentang alam, dan menurunkan produktivitas.

P3E Bali Nusra di bawah KLHK mendorong pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan masalah tambang galian C di kawasan lereng Gunung Batur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News