Tamsil Linrung Terpilih Menggantikan Fadel Muhammad

Calon Pimpinan MPR dari Unsur DPD

Tamsil Linrung Terpilih Menggantikan Fadel Muhammad
Anggota DPD RI Tamsil Linrung. Foto: Dok. DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Senator Tamsil Linrung terpilih sebagai calon pimpinan MPR dari unsur DPD menggantikan Fadel Muhammad dalam Rapat Paripurna DPD RI, Kamis (18/8) malam. Tamsil memperoleh suara terbanyak dibanding tiga calon lainnya, yakni Abdullah Puteh, Bustami Zainudin, dan Yorrys Raweyai. 

"Dari hasil pemungutan suara, maka Senator Tamsil Linrung memperoleh suara terbanyak untuk menjadi calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI," kata Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dalam Rapat Paripurna DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dia menjelaskan proses pemungutan suara itu diikuti 96 anggota DPD. Adapun suara sah sebanyak 93, abstain satu, dan tidak sah dua. 

Nono mengatakan dalam proses pemungutan suara,  Tamsil memperoleh 39 suara, Bustami Zainudin 21 suara, Yorrys Raweyai 19 suara, dan Abdullah Puteh 14 suara. “Sesuai hasil kesepakatan kami, suara terbanyak menjadi pemenang,” tegas Nono. 

Dia mengatakan hasil keputusan Rapat Paripurna DPD RI itu akan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan Fadel Muhammad sebagai pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI.

Menurut dia, DPD RI juga akan mengeluarkan keputusan usulan calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI, yang akan disampaikan kepada pimpinan MPR RI untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPD RI pada Kamis malam melaksanakan agenda pemilihan calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI.

Dalam rapat tersebut, terdapat empat calon, yaitu dari wilayah barat ialah Abdullah Puteh dan Bustami Zainudin, dan wilayah timur Tamsil Linrung dan Yorrys Raweyai. Sebelum dilakukan pemilihan, masing-masing calon menandatangani pakta integritas dan memaparkan visi misi apabila menjadi wakil ketua MPR RI. (antara/jpnn)

Senator Tamsil Linrung terpilih sebagai calon pimpinan MPR dari unsur DPD menggantikan Fadel Muhammad.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News