Tanggapi Masalah Marlina Octoria, Sosiolog: Perempuan Harus Menolak Nikah Siri!

Tanggapi Masalah Marlina Octoria, Sosiolog: Perempuan Harus Menolak Nikah Siri!
Marlina Octoria dan ayah Taqy Malik, Mansyardin Malik. Foto: Kolase/Firda Junita/Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Sosiolog dari Universitas Indonesia Ida Ruwaida menanggapi perseteruan Marlina Octoria dengan Mansyardin Malik, yang kini sedang menjadi sorotan publik.

Marlina yang merupakan mantan istri siri ayah Taqy Malik itu mengaku kerap dipaksa melakukan hubungan seksual menyimpang, yakni, lewat anal.

Hal itu yang membuat Marlina Octoria kini mengalami trauma.

Ida mengatakan dalam hubungan nikah siri, kedudukan perempuan memang cenderung lemah.

"Dalam relasi nikah siri, kedudukan dan posisi tawar perempuan cenderung lemah. Masih banyak perempuan yang belum menyadarinya. Apalagi hanya berbekal keyakinan berbasis agama," kata Ida kepada JPNN.com, Kamis (16/9).

Ida menjelaskan pernikahan harus dibangun dengan prinsip kesetaraan, saling menghargai, menjaga, dan menghormati antara suami dan istri.

"Termasuk dalam melakukan aktifitas seksual," ujar Ida.

Ida pun menegaskan dalam pernikahan siri perempuan tidak punya jaminan perlindungan secara hukum. Gampang dinikahi, mudah pula ditinggalkan dengan berbagai alasan.

Sosiolog dari Universitas Indonesia Ida Ruwaida menanggapi perseteruan Marlina Octoria dengan Mansyardin Malik, yang kini tengah menjadi sorotan publik, simak selengkapnya.