Tangkuban Perahu Erupsi, Jokowi Minta Masyarakat Waspada

Tangkuban Perahu Erupsi, Jokowi Minta Masyarakat Waspada
Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat saat erupsi yang terjadi Jumat pukul 15.48 WIB. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal ini disampaikan Jokowi menyikapi bencana erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada Jumat sore ini (26/7), pukul 15.48 WIB. Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) jatuhan abu vulkanik mencapai radius 1 - 2 km.

"Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu waspada. Ikuti semua yang disampaikan oleh aparat," kata Jokowi di Jakarta, Jumat malam.

BACA JUGA : Tangkuban Parahu Meletus, Sementara Jadi Zona Tertutup

Sebelummya, Plh. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan distribusi abu teramati Di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mendapatkan informasi dari warga di Kecamatan Cisarua bahwa abu mengarah ke sana.

BACA JUGA : Bereskan Masalah Tangkuban Perahu

"Pascaerupsi Gunung Tangkuban Parahu, Badan Geologi mengeluarkan peringatan bahaya bagi pesawat yang melintas di sekitar wilayah gunung atau Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA)," ucap Agus dalam siaran persnya.(fat/jpnn)

Gunung Tangkuban Perahu meletus sore ini dengan jatuhan abu vulkanik mencapai radius 1 - 2 km.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News