JPNN.com

Tank Baru dari Jerman Datang

Minggu, 07 September 2014 – 09:55 WIB Tank Baru dari Jerman Datang - JPNN.com

SURABAYA– Surabaya dipercaya Mabes TNI menjadi tuan rumah HUT TNI 2014. Upacara dengan inspektur Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bulan depan, tepatnya pada Selasa (7/10), merupakan puncak rangkaian acara. Peringatan tahun ini menjadi momen terakhir pemerintahan SBY sebelum menyerahkannya ke presiden terpilih Joko Widodo.

Pada HUT ke-69 itu, Mabes TNI memamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru di Armatim. Mulai Sabtu kemarin (6/9) puluhan alutsista gres tiba di Surabaya. Di antaranya, 24 tank tempur utama Leopard seri 2A4 dan 28 tank tempur Marder 1A3.

Tank tempur angkatan darat yang diimpor dari Jerman itu masing-masing berbobot 62,3 ton dan 28,5 ton (berat kosong tanpa personel). Puluhan tank yang diangkut kapal ro-ro Serasi X itu bersandar di dermaga Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak, pukul 03.30.

Tank produksi baru itu didatangkan dari pabrikan Krauss-Maffei Wegmann di Maschinenbau, Kiel, Jerman. ’’Tank sempat transit di Tanjung Priok. Sekarang sampai Surabaya untuk persiapan parade dan defile HUT TNI bulan depan,’’ kata Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Kolonel Arm Totok Sugiharto.

Sebelum kedatangan 52 tank itu, ada 100 unit Leopard dan Marder akhir tahun lalu. Seharusnya HUT TNI jatuh pada 5 Oktober. Tapi, lantaran tahun ini berbarengan dengan Hari Raya Idul Adha, upacara militer dilangsungkan besok lusanya.

Sebulan menjelang persiapan, tank-tank berwarna hijau itu dicat doreng sesuai satuan yang akan menerima pelimpahan alutsista tersebut. Di antaranya, Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1/Badak Ceta Cakti Cijantung, Jakarta Timur dan Yonkav 8/Tank Nara Singa Wiratama Beji, Pasuruan.

Sebelum itu, mesin tank terus dipanasi di Mako Resimen Kavaleri-1 Marinir di Semarung, Ujung, Surabaya. Dua jenis tank tersebut merupakan sebagian kecil alutsista baru TNI yang dipamerkan. Sebanyak 54 tank amfibi jenis BMP-3F didatangkan dari Rusia secara bergelombang sampai akhir Januari 2014 sudah memperkuat jajaran Korps Marinir. (sep/c7/ayi)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...