Target 300 Ribu Guru Kantongi NIP PPPK Tahun Ini Bakal Meleset, Bu Titi Ungkit Peristiwa 2019

Target 300 Ribu Guru Kantongi NIP PPPK Tahun Ini Bakal Meleset, Bu Titi Ungkit Peristiwa 2019
Titi Purwaningsih. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan sekitar 300 ribu guru honorer negeri maupun swasta akan diangkat tahun ini.

Mereka akan mendapatkan NIP PPPK dan SK sehingga berhak menerima gaji serta tunjangan setara PNS untuk kelas jabatan yang sama.

Namun, Dewan Pembina Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih pesimistis target tersebut akan tercapai tahun ini. Dia memprediksikan NIP PPPK yang akan diterbitkan maksimal 100 ribu.

"Sepertinya NIP PPPK dan SK yang akan diterbitkan pemerintah maksimal 100 ribu,," kata Titi kepada JPNN.com, Selasa (26/1).

Titi mengungkit seleksi PPPK 2019 yang penuh masalah, bahkan sampai saat ini pun belum tuntas. Penyebabnya karena anggaran Pemda sangat terbatas.

Sesuai PP 49 Tahun 2018, gaji PPPK itu sumbernya di APBN dan APBD.

Selama dua tahun PPPK 2019 menunggu diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN), padahal yang diangkat hanya sekitar 51 ribu orang. Itu karena uang negara terkuras dalam penanganan Covid-19.

Kondisi tersebut, menurut Titi masih berimbas sampai tahun ini. Anggaran PPPK guru 2021 sebanyak Rp19,4 triliun dinilai Titi tidak mencukupi mengangkat 300 ribu orang.

Dewan Pembina PHK2I Titi Purwaningsih mengungkapkan target pemerintah menetapkan NIP PPPK untuk 300 ribu guru bakal tidak terpenuhi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News