Tarik Investor ke Jawa Tengah, Ganjar Tawarkan Investasi Mudah, Murah, Cepat dan Bebas Pungli

Tarik Investor ke Jawa Tengah, Ganjar Tawarkan Investasi Mudah, Murah, Cepat dan Bebas Pungli
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada seluruh pelaku usaha dan perbankan, serta kepala daerah se-Indonesia terkait kebijakan pemerintah dalam menyikapi kondisi perekonomian nasional pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) 2022.

Kepala daerah pun diimbau untuk kembali menyusun strategi bersama pemerintah pusat untuk membangkitkan geliat perekonomian nasional, meskipun Indonesia tidak termasuk negara yang mengantre bantuan dari Bank Dunia atau IMF.

Menyikapi arahan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, instruksi yang disampaikan Jokowi untuk seluruh kepala daerah dan stakeholder sudah sangat jelas tujuannya, yakni gotong royong membangkitkan ekonomi nasional.

"Pesannya Pak Presiden sudah clear, situasi enggak mudah maka perintahnya daerah jangan mempersulit investasi. Tentu dari BI sudah menyiapkan instrumen agar kita bisa menyesuaikan kondisi yang tidak mudah ini," kata Ganjar, Rabu (30/11).

Sementara untuk pertumbuhan ekonomi daerah hingga Triwulan III 2022, Provinsi Jawa Tengah berhasil tumbuh hingga 5,37 persen dan hanya terpaut sedikit dari pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk lebih menggalakkan perekonomian daerah, salah satu upaya yang dilakukan Ganjar adalah dengan meciptakan iklim investasi yang mudah, murah dan lancar di Jawa Tengah agar investor datang berbondong-bondong.

Sebab investasi juga didorong Jokowi ke kepala daerah untuk menumbuhkan ekonomi nasional.

"Investor kan butuh insentif-insentif itu, tentu kemudahan ya yang paling utama perizinan, yang kedua pungli korupsi harus dibabat habis. Berikutnya problem kalau di Jawa Tengah ya lahan, maka kalau kita bisa memilih akomodasi rasanya tidak terlalu sulit," jelas Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, instruksi yang disampaikan Jokowi untuk seluruh kepala daerah dan stakeholder sudah sangat jelas tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News