Taufiq Kiemas Tuding Setgab Salahi Demokrasi

Taufiq Kiemas Tuding Setgab Salahi Demokrasi
Taufiq Kiemas Tuding Setgab Salahi Demokrasi
JAKARTA - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menilai keberadaan Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi Partai Politik (Parpol) pendukung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sudah menyalahi konstitusi.

"Konstitusi menegaskan demokrasi kita bersandarkan pada sistem demokrasi check and balance di antara eksekutif, yudikatif dan legislatif. Tapi di luar itu ada Setgab yang jadi pressure group. Dengan demikian, maka Setgab itu saya katakan menyalahi konstitusi," tegas Taufiq Kiemas pada diskusi 'Refleksi Akhir Tahun MPR RI' di press room DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa (28/12).

Taufiq yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDI Perjuangan itu menuding kehadiran Setgab telah membunuh suara-suara minoritas yang penuh dengan kebhinekaan. Atas dasar prinsip check and balance dan kebhinekaan itu pula, katanya, maka PDI Perjuangan tidak ikut latah bergabung dengan Koalisi Parpol pendukung SBY itu.

Kehadiran Setgab, lanjut Taufiq, juga mendorong munculnya kelompok kawan dan lawan. "Kalau saja Setgab itu tahu bahwa ini adalah negara Demokrasi Pancasila, pasti para pendirinya membubarkan Setgab itu dan meminta maaf kepada rakyat," imbuh Taufiq.

JAKARTA - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menilai keberadaan Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi Partai Politik (Parpol) pendukung Presiden Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News