Tegaskan Amanat Bung Karno Dukung Palestina, Ganjar Harapkan Pildun U-20 Tanpa Israel

Tegaskan Amanat Bung Karno Dukung Palestina, Ganjar Harapkan Pildun U-20 Tanpa Israel
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: dok tim media Ganjar

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan sikapnya atas rencana tentang keikutsertaan Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia.?

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu tidak mau tim nasional atau timnas dari negara yang menjajah Palestina mengikuti Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

?“Sebagai kader PDI Perjuangan, saya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina yang telah disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non-Blok, dan The Conference of The New Emerging Forces,” ujar Ganjar melalui layanan pesan singkat, Kamis (23/3).

Gubernur Ganjar menegaskan prinsip dan amanat Proklamator RI itu merupakan landasan berpikir setiap kader PDIP. Menurut dia, Bung Karno ketika memimpin Indonesia dikenal tegas dan konsisten dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina.

Mantan pimpinan Komisi II DPR RI itu menambahkan belakangan ini aksi kekerasan oleh Israel terhadap warga Palestina mengalami keskalasi. Oleh karena itu, Ganjar menegaskan dukungan terhadap perjuangan Palestina harus disampaikan melalui pernyataan sikap.

“Saya mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka,” tutur Ganjar.

Ketua umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) itu mengharapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menggelar kejuaraan sepak bola di bawah FIFA itu tanpa keikutsertaan Israel.

“Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel,” tegasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia tanpa ada Timnas Israel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News