Tekan Angka Kecelakaan, Motor di Malaysia Bakal Wajib Dipasang Rem ABS

Tekan Angka Kecelakaan, Motor di Malaysia Bakal Wajib Dipasang Rem ABS
Teknologi sistem Anti-lock Brake (ABS) di motor. Foto: dok AHM

jpnn.com, MALAYSIA - Pemerintah Malaysia mengumumkan bakal mewajibkan semua kendaraan roda dua atau motor wajib menggunakan sistem teknologi sistem Anti-lock Brake (ABS).

Adapun teknologi sistem pengereman itu berlaku untuk semua kendaraan baik 150cc maupun lebih tinggi.

Menteri Perhubungan Datuk Seri Wee Ka Siong mengatakan pihaknya sedang melakukan studi untuk implementasi mandat baru ini.

Menurut dia kebijakan itu sedang ditangani oleh Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia.

"Dengan adanya wajib pemasangan ABS nantinya diharapkan bisa menekan angka kecelakaan sepeda motor dan kemungkinan kematian semakin berkurang," kata Wee Ka Siong dikutip dari iMotorbike, Jumat (27/5).

Studi komprehensif terkait pemasangan rem ABS pada semua motor di Malaysia akan melibatkan perwakilan dari produsen sepeda motor, industri manufaktur, dan pakar keselamatan berkompeten.

Menurut studi yang dilakukan oleh MIROS, pengereman tidak efektif merupaka salah satu utama kecelakaan sepeda motor di Malaysia.

"Penggunaan sistem pengereman yang lebih baik dan efektif sangat dianjurkan dan didorong dalam pencarian solusi untuk mengakhiri kecelakaan sepeda motor," lanjut dia.

Pemerintah Malaysia mengumumkan bakal mewajibkan semua kendaraan roda dua atau motor wajib menggunakan sistem teknologi sistem Anti-lock Brake (ABS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News