Telepon Menhan Tiongkok, Bos Pentagon Lembek Banget soal Laut China Selatan

Telepon Menhan Tiongkok, Bos Pentagon Lembek Banget soal Laut China Selatan
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper menyampaikan keprihatinan tentang aktivitas Beijing di dekat Taiwan dan Laut China Selatan (LCS).

Keprihatinan itu ia nyatakan saat berbicara melalui telepon dengan Menteri Pertahanan Tiongkok Wei Fenghe.

"Menteri Esper juga menyampaikan pentingnya Tiongkok mematuhi hukum, aturan, dan norma internasional serta memenuhi komitmen internasionalnya," kata juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman kepada wartawan, Kamis (6/8).

Pernyataan terpisah Pentagon mengatakan kedua belah pihak setuju untuk mengembangkan sistem yang diperlukan menyangkut komunikasi krisis dan pengurangan risiko.

Bos Pentagon itu sebelumnya mengatakan bahwa dia berharap untuk mengunjungi Tiongkok pada akhir tahun guna meningkatkan saluran komunikasi untuk menangani krisis dan menangani bidang-bidang lain yang menjadi kepentingan bersama.

AS telah lama menentang klaim teritorial Tiongkok yang luas di LCS dan telah mengirim kapal-kapal perangnya melalui perairan strategis itu.

"Wei mendesak pihak AS untuk menghentikan perkataan dan perbuatan menyesatkan, meningkatkan manajemen dan kontrol risiko maritim, tidak mengambil langkah berbahaya yang dapat meningkatkan situasi, dan menjaga perdamaian dan stabilitas regional," kata kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua.

Tiongkok pada Kamis mengancam akan mengambil tindakan balasan atas perjalanan Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar ke Taiwan, ketika pulau yang diklaim Tiongkok itu bersiap menerima kunjungan resmi pejabat tingkat tertinggi AS dalam empat dekade.

Orang nomor satu di Pentagon Mark Esper ternyata tidak berani berbicara keras soal Laut China Selatan saat menelepon Menhan Tiongkok

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News