Tenang, Kemenag Jamin Pemulangan Jemaah Haji RI yang Dirawat di Arab Saudi

Tenang, Kemenag Jamin Pemulangan Jemaah Haji RI yang Dirawat di Arab Saudi
Ilustrasi seorang haji sujud syukur setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Foto : ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/ama).

jpnn.com, MAKKAH - Kementerian Agama (Kemenag) mengharapkan masyarakat tidak khawatir jika ada anggota keluarganya yang menjalani rawat inap di Arab Saudi ketika menunaikan ibadah haji. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali menyatakan, pemerintah pasti akan memulangkan WNI tamu Allah yang dirawat di Arab Saudi.

"Kalau ada jemaah haji masih sakit di sini (Arab Saudi) dan tertinggal akan dilayani serta diantar sampai tanah air. Ini bagian dari pelayanan kami," kata Nizar Ali melalui siaran pers Kemenag dari Makkah, Senin (2/9).

Menurut Nizar, pelayanan untuk jemaah yang sakit mencakup biaya perawatan medis, visitasi, hingga antar pulang ke tanah air. Pemerintah juga tidak membatasi waktunya.

BACA JUGA: Ssst... Oknum Pegawai Kemenag Disebut Minta Jatah untuk Percepat Keberangkatan Haji

“Sebulan dirawat kami layani, dua bulan kami layani. Bahkan kasarnya setahun sakit pun akan terus kami dampingi," ujar Nizar.

BACA JUGA: 41 Jemaah Haji Asal Jawa Barat Meninggal Dunia

Selama masa pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji, pendampingan bagi jemaah yang sakit dilakukan oleh PPIH Arab Saudi. Setelah musim haji, bila masih ada jemaah sakit pendampingannya akan dialihkan kepada Konsul Haji KJRI dan KBRI.(esy/jpnn)


Kemenag mengharapkan masyarakat tidak khawatir jika ada anggota keluarganya yang menjalani rawat inap di Arab Saudi ketika menunaikan ibadah haji.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News