Tentara Korsel Bebaskan Enam WNI di Somalia

Disandera Perompak Bersama 20 Awak Kapal Hanjin

Tentara Korsel Bebaskan Enam WNI di Somalia
Tentara Korsel Bebaskan Enam WNI di Somalia
JAKARTA - Perompak Somalia kembali beraksi. Setelah melakukan penyanderaan atas sejumlah awak kapal Kargo MV Sinar Kudus, perompak Somalia kembali beraksi. Kali ini, mereka menyerang kapal kargo Hanjin Tianjin dari Korea Selatan (Korsel). Namun, para awak kapal tersebut berhasil diselamatkan pasukan komando Korsel.

Di antara 20 awak kapal Hanjin Tianjin, terdapat enam warga negara Indonesia (WNI). Kemenlu memastikan, mereka telah diselamatkan dan dipindahkan ke zona aman. "Ya, kami sudah mendapatkan konfirmasi dari Duta Besar di Seoul, Korsel. Mereka (enam awak kapal) dalam keadaan selamat," papar Juru Bicara Kemenlu Michael Tene ketika dihubungi Jawa Pos, Jumat (22/4).

      

Menurut Tene, penyelamatan oleh pasukan komando Korsel tersebut tepat pada waktunya. Dia menguraikan, awalnya serangan yang terjadi pada Kamis (21/4) malam tersebut berhasil diantisipasi para awak kapal. Begitu kelompok pembajak terlihat dari kejauhan, para awak kapal beserta kaptennya langsung mengamankan diri dalam ruang aman (safety zone). Melalui ruang aman tersebut, para awak kapal melaporkan adanya serangan.

      

Para awak kapal juga mematikan mesin kapal, sehingga para perompak tidak bisa mengambil alih kapal tersebut. "Kapal itu juga tidak bisa bergerak, karena para perompak tidak menemukan para ABK (anak buah kapal)," urai Tene.

JAKARTA - Perompak Somalia kembali beraksi. Setelah melakukan penyanderaan atas sejumlah awak kapal Kargo MV Sinar Kudus, perompak Somalia kembali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News