Terlalu Doyan Kawin, Hewan Ini Sampai Tidak Tidur demi Cari Pasangan, Dampaknya Fatal

Terlalu Doyan Kawin, Hewan Ini Sampai Tidak Tidur demi Cari Pasangan, Dampaknya Fatal
Quoll, mamalia marsupial asli Australia, rela menempuh jarak yang sangat jauh tanpa beristirahat demi mencari pasangan kawin. Foto: AFP PHOTO / Greg WOOD

jpnn.com - Mengorbankan istirahat yang cukup demi berhubungan seks diduga jadi penyebab kematian bagi banyak pejantan quol utara (Dasyurus hallucatus), spesies marsupial karnivora asal Australia yang terancam punah.

Studi yang dilakukan peneliti Australia menemukan bahwa pejantan spesies tersebut melakukan perjalanan jauh untuk mencari pasangan kawin, sering kali tidak tidur sama sekali sampai tujuannya tercapai.

Kurangnya istirahat dapat menjelaskan mengapa banyak pejantan yang langsung mati setelah musim kawin pertama mereka, kata para ahli.

Di sisi lain, betina dapat hidup dan bereproduksi hingga empat tahun.

"Mereka menempuh jarak yang jauh untuk kawin sesering mungkin dan tampaknya dorongan mereka begitu kuat sehingga mereka lupa tidur untuk menghabiskan lebih banyak waktu mencari betina," kata Christofer Clemente, dosen senior di University of the Sunshine Coast.

Institusinya memimpin studi dengan The University of Queensland. Penelitian ini dipublikasikan pada hari Rabu.

Para peneliti mengumpulkan data selama 42 hari setelah memasang ransel dengan pelacak pada quoll utara jantan dan betina liar yang berkeliaran di Groote Eylandt, sebuah pulau di lepas pantai Northern Territory Australia.

Beberapa quoll yang mereka pelajari berjalan lebih dari 10 km dalam satu malam, yang setara dengan 40 km bagi manusia berdasarkan panjang langkah rata-rata, kata studi tersebut.

Menurut peneliti, dorongan seksual quoll utara jantan begitu kuat sehingga mereka rela menempuh perjalanan panjang sampai tidak tidur demi kawin

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News