Kamis, 20 September 2018 – 20:16 WIB

Ternyata Ada 10 Laporan Keluhan Terhadap Barnaby Joyce

Kamis, 08 Maret 2018 – 22:00 WIB
Ternyata Ada 10 Laporan Keluhan Terhadap Barnaby Joyce - JPNN.COM

Presiden Partai Nasional Australia Barat diperingatkan oleh seorang politisi negara bagian mengenai kemungkinan munculnya kembali "rentetan tuduhan" terkait dengan "10 keluhan" terhadap mantan wakil perdana menteri Australia, Barnaby Joyce, mulai dari "perilaku yang tidak pantas" hingga "tuduhan yang lebih serius".

Poin kunci :

  • James Hayward, Presiden Ketua Nasional Australia Barat (WA), menulis tentang percakapan yang dia lakukan dengan Terry Redman
  • Dalam percakapan itu, Redman mengatakan mungkin ada ada "rentetan tuduhan"
  • Barnaby Joyce dengan keras menolak satu-satunya tuduhan publik terhadapnya, dari seorang wanita terkemuka di Australia Barat (WA), Catherine Marriott

Rincian sejumlah klaim tersebut tercantum di dalam sebuah dokumen internal Partai Nasional yang berhasil diperoleh ABC.

Ketika rentetan tuduhan baru terhadap Barnaby Joyce itu pertama kali diterbitkan oleh Media Fairfax Rabu (7/3/2018) malam, Barnaby Joyce mengatakan bahwa tudingan dari 10 keluhan itu "sangat tidak masuk akal".

"Tuduhan ini palsu dan memfitnah," katanya kepada Fairfax. "Tuduhan melakukan kesalahan harus segera dirujuk ke polisi sehingga kebenaran klaim bisa diuji dengan benar."

Keluhan tentang pelecehan seksual dan perbuatan tidak senonoh yang diajukan oleh seorang  wanita terkemuka di Australia Barat (WA) Catherine Marriott telah disampaikan ke Partai Nasional beberapa hari sebelum Joyce mengundurkan diri sebagai wakil perdana menteri dan pemimpin Partai Nasional.

Partai Nasional kemudian melakukan sebuah penyelidikan terkait penanganan keluhan oleh Catherine Marriot dan bagaimana hal itu dipublikasikan ternyata menyalahi permintaannya.

Salinan penyelidikan dari proses penanganan yang dilakukan Ketua Partai Nasional Australia Barat (WA) James Hayward telah diperoleh ABC, dan dokumen itu menyoroti proses internal yang dilakukan oleh Partai Nasional dalam menangani keluhan-keluhan mengenai Barnaby Joyce.

James Hayward menulis bahwa selama berbincang dengan tim kuasa hukum Partai Nasional WA, Terry Redman, mereka membahas kekhawatiran tentang proses tersebut.

"Terry [Redman] mengatakan kepada saya bahwa akan terjadi rentetan tuduhan yang akan diajukan oleh kelompok ini terhadap Barnaby dan terdapat 10 keluhan yang berkisar tentang perilaku yang tidak pantas sampai tuduhan yang lebih serius," tulisnya.

Pemimpin Partai Nasional Australia Barat (WA), Mia Davies menolak sejumlah saran bahwa dia atau cabang partai nasional yang dipimpinnya terlibat dalam sebuah persekongkolan untuk menjatuhkan Barnaby Joyce sebagai pemimpin partai nasional federal.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Mia Davies menghubungi presiden partai nasional federal, Larry Anthony, untuk memperingatkannya bahwa "masalah tuduhan pelecehan seksual terkait Barnaby bukanlah hal yang baru".

Laporan tersebut mengindikasikan Mia Davies telah menanyakan kepada Larry Anthony apakah ada wanita lain yang telah mengajukan tuntutan serupa terhadap Joyce, dan mengatakan bahwa Partai Nasioal perlu menangani masalah budaya dalam partainya.

"Saya ingat kata-kata "terlibat" digunakan dalam konteks bahwa orang-orang di partai tersebut mengetahui perilakunya, namun tidak bertindak untuk melakukan intervensi," kata laporan tersebut.

Menurut laporan tersebut, tim kuasa hukum Partai Nasional WA, Terry Redman mengatakan kepada James Hayward bahwa Partai Nasional Australia Barat (WA) "menghendaki Barnaby Joyce mundur sebagai pemimpin partai dan jika dia melakukan itu maka mungkin akan sedikit menyelesaikan semuanya."

James Hayward kemudian menulis bahwa dia "sangat prihatin bahwa anggota parlemen kami melakukan percaloan atas nama terduga korban dan bahwa keterlibatan mereka dapat dianggap sebagai konspirasi melawan pemimpin federal".

"Saya juga khawatir dengan situasi pemerasan semu yang mungkin bisa dibaca sebagai bentuk ultimatum.”

"Barnaby mengundurkan diri, atau kasus ini akan diungkap ke publik dan pesan khusus itu disampaikan oleh pemimpin parlemen kita."

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa tindakan oleh anggota Partai Nasional telah "mencabut kesempatan Pemimpin Federal untuk menyelenggarakan sebuah sidang yang adil".

Pemimpin Partai Nasional WA secara pribadi melobi Wakil Joyce

Menurut dokumen tersebut, Mia Davies telah melakukan pembicaran telepon dengan Wakil Pemimpin Partai Nasional, Bridget McKenzie, dan mengatakan kepadanya, "ada sejumlah tuduhan yang telah diajukan".

Komunikasi ini juga termasuk sebuah pesan teks yang dikirim oleh Mia Davies pada tanggal 18 Februari, di mana dia mengatakan maaf bahwa partainya terseret ke dalam, "sebuah debat kotor tentang moral, perilaku dan nilai".

Davies adalah sosok pertama yang secara terbuka meminta Joyce untuk mengundurkan diri sebagai pemimpin partai di tingkat federal.

"Ini tidak adil dan mengerikan - tapi saya benar-benar berharap semua orang di partai Anda memikirkan partai dan bukan hanya individu," kata Davies dalam sebuah pesan kepada Senator McKenzie, seperti yang dilaporkan dalam dokumen tersebut.

"Saya hanya bisa melaporkan apa yang telah saya lihat dan dikirimkan kembali kepada saya di sini - ada reaksi yang hampir mendalam”

"Saya khawatir citra kami rusak dan ini tentu menjadi semakin sulit untuk dijelaskan dan dipertahankan."

ABC telah menghubungi kantor Senator McKenzie untuk memberi komentar.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar