Tes PPPK Guru 2021, Prof Djohar: Enggak Salah Itu, Mas Nadiem?

Tes PPPK Guru 2021, Prof Djohar: Enggak Salah Itu, Mas Nadiem?
Anggota Komisi X DPR Fraksi Gerindra Prof Djohar Arifin Husin heran dengan materi soal tes PPPK guru 2021. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Djohar Arifin Husin mengaku heran dengan materi ujian yang diberikan kepada para peserta tes PPPK guru 2021. Salah satunya tentang pertanyaan cara membuat satai.

"Enggak salah itu, Mas Nadiem? Kok pertanyaannya segitu amat?," ujar Prof Djohar dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim, Kamis (23/9).

Pertanyaan yang sebenarnya sederhana itu, lanjutnya, akan memberikan jawaban berbeda-beda. Setiap daerah punya ciri khas membuat satai. Ada satai Madura, Solo, Betawi, Padang, dan lainnya.

Selain mengenai pertanyaan itu, politikus Gerindra itu juga menyoroti uraian soal yang sepanjang koran. Sementara waktu yang diberikan sangat terbatas.

Menurut Prof Djohar materi ujian PPPK guru 2021 cocok untuk peserta yang baru lulus kuliah.

Sementara peserta seleksi PPPK 2021 didominasi guru honorer yang sudah lama mengabdi dan pasti banyak yang kesulitan menjawab soal tes.

"Saya mendapat banyak pengaduan dari guru honorer mengenai soal-soal yang diberikan. Itu higher order thinking skill (HOTS)," tegasnya.

Dia pun mendesak pemerintah untuk memberikan afirmasi kepada guru-guru honorer yang usianya tidak muda lagi tetapi masa pengabdiannya panjang.

Prof Djohar Arifin Husin mengajukan pertanyaan kepada Mas Nadiem Makarim mengenai materi soal tes PPPK guru 2021.