Tetap Sehat dan Aman Mengonsumsi Air Minum dalam Kemasan, Perhatikan 5 Hal Ini

Tetap Sehat dan Aman Mengonsumsi Air Minum dalam Kemasan, Perhatikan 5 Hal Ini
Ilustrasi air minum dalam kemasan. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Setiap hari tubuh membutuhkan asupan cairan terutama air mineral untuk menjaga tetap optimal. Berbagai kegiatan atau rutinitas sehari-hari, air minum dalam kemasan (AMDK) menjadi salah satu solusi praktis memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

Namun, tidak lantas sembarangan saat memilih sebuah produk air kemasan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, baik kebersihan hingga keamanannya. Berikut tipsnya yang diambil dari berbagai sumber:

1. Perhatikan informasi sumber mata air yang diambil

Ada banyak jenis air minum kemasan, mulai dari gelas, botol, hingga galon. Namun, yang paling banyak dikonsumsi ialah air mineral botolan.

Air mineral berkualitas baik berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang mengandung mineral alami, seperti kalsium, kalium, natrium, fluoride, dan magnesium.
Selain sumber airnya, proses pengolahan dalam produksi air mineral juga perlu diperhatikan.

Idealnya, air mineral kemasan sudah diolah dengan teknologi canggih, sehingga kandungan mineralnya tetap terjaga dan tidak terkontaminasi oleh kuman maupun bahan kimia berbahaya.

2. Cek standardisasi proses produksi hingga distribusi

Pastikan produk air minum kemasan merupakan produk air minum yang telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal oleh LPPOM MUI.

Jangan sembarangan saat memilih sebuah produk air kemasan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, baik kebersihan hingga keamanannya. Berikut tipsnya yang diambil dari berbagai sumber