Thailand Puji Toleransi di Indonesia

Thailand Puji Toleransi di Indonesia
Thailand Puji Toleransi di Indonesia
JAKARTA - Negeri Gajah Putih atau Thailand memuji masyarakat Indonesia yang hidup berdampingan dalam kehidupan demokrasi. Dengan negara kepulauan yang besar dan masyarakatnya majemuk, Indonesia dari segi etnis budaya dan agama yang saling menghargai.

   

“Thailand mengucapkan selamat karena Indonesia karena telah menjadi contoh yang baik dalam berdemokrasi. Thailand masih perlu banyak belajar dari Indonesia untuk meningkatkan komitmen pemerintah Thailand dalam memperkuat demokrasi,” ucap Wakil Ketua Senat Thailand Surachai Liengboonlertchai saat kunjungan Ketua DPD RI di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (27/6).

   

Menurutnya, Thailand sendiri sedang berusaha menerapkan desentralisasi untuk memperkuat sistem demokrasi di Thailand. Desentralisasi ini dirasa tepat untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberi kekuatan bagi daerah untuk mengembangkan potensinya. “Kami akan menerapkan desentralisasi seperti Indonesia,” pungkas Surachai.

   

Ketua DPD Irman Gusman menjelaskan bahwa Indonesia telah merubah sistem politik dari yang tersentralisasi di era Orde Baru menjadi desentralisasi di era reformasi dan demokrasi seperti saat ini. “Sebelumnya kami melakukan perubahan dalam sistem politik Indonesia,” kata Irman.

   

JAKARTA - Negeri Gajah Putih atau Thailand memuji masyarakat Indonesia yang hidup berdampingan dalam kehidupan demokrasi. Dengan negara kepulauan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News