Tiap Minggu Pagi, Sudirman-Thamrin Ditutup Total

Seluruh Kendaraan Bermotor Dilarang Melintas Selama Lima Jam

Tiap Minggu Pagi, Sudirman-Thamrin Ditutup Total
Tiap Minggu Pagi, Sudirman-Thamrin Ditutup Total
TINGGINYA polusi udara di Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan. Upaya menguranginya pun terus dilakukan. Salah satunya, melalui program Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan, untuk kesekian kalinya, car free day digelar. Kali ini, pihaknya melakukan sejumlah perubahan agar program tersebut lebih maksimal. Di antaranya, menutup secara total ruas jalan protokol yakni Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. MH Thamrin baik di jalur cepat maupun lambat saat HBKB berlangsung. Artinya, di kedua ruas jalan itu tidak dapat dilintasi kendaraan kecuali bus Transjakarta saat pelaksanaan HBKB.

Sebelumnya, saat HBKB berlangsung, jalur lambat di jalan protokol itu masih dapat dilalui kendaraan. "Ini berlaku pada HBKB di tingkat provinsi yakni, di Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. MH Thamrin. Kebijakan ini merupakan respon Pemprov DKI atas aspirasi masyarakat yang merindukan pemulihan kualitas udara yang lebih baik di ibu kota," kata Fauzi Bowo, Kamis (10/5).

Selain itu, diungkapkan Fauzi, jika sebelumnya HBKB berlangsung sejak pukul 06.00-12.00, mulai 13 Mei mendatang waktunya akan dikurangi hanya menjadi pukul 06.00-11.00. Meski begitu, kata Fauzi, intensitas pelaksanaannya akan menjadi setiap Minggu di Jl. Jenderal Sudirman-Jl. MH Thamrin.

TINGGINYA polusi udara di Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan. Upaya menguranginya pun terus dilakukan. Salah satunya, melalui program Hari Bebas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News