Tiga G Ini Jadi Tips Sukses Menko Rizal

Tiga G Ini Jadi Tips Sukses Menko Rizal
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli berbagi tips suksesnya di hadapan mahasiswa Universitas Jayabaya, Jakarta, Kamis (8/10).

Menurut Rizal, selain sukses berkat campur tangan Tuhan, juga perlu dibutuhkan tiga G untuk menuju sukses. Tiga G tersebut yakni, gesit otak, gesit tangan dan gesit dalam bergaul.

“Selain izin dari Tuhan, hanya perlu tiga G. Gesit otak, kalau pinter cerdas banyak yang bisa lakukan. Gesit tangan, ambil inisiatif, gesit dunia kerja, dunia bisnis, profesional,” papar Rizal menjabarkan.

Sebab, menurut Rizal, pintar saja tidak cukup namun juga harus cekatan dalam melihat situasi.

“Yang gesit tangan lebih berhasil dari gesit otak. Gesit otak lembaga riset, akademis menang, tapi di lapangan profesional gesit tangan,” jelas Menko Perekonomian pada era Presiden Gus Dur ini.

Yang ketiga, sambung Rizal, yakni gesit gaul alias punya banyak teman. Nah dari situ koneksi atau jaringan akan terbangun dengan sendirinya asal dibarengi dengan cara yang baik.

“Gaul bukan dugem, tapi banyak temen di berbagai profesi organisasi. Kalau Saudara punya satu aja cukup buat hidup, kalau dua aja punya bisa suskes. Kalau bisa tiga-tiganya mau jadi apa aja bisa,” ulas pria berkacamata ini.(chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli berbagi tips suksesnya di hadapan mahasiswa Universitas Jayabaya, Jakarta,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News