Tiga Ilmuwan Istimewa Berbagi Nobel Fisika

Tiga Ilmuwan Istimewa Berbagi Nobel Fisika
Tiga penerima Nobel Fisika 2018: Arthur Ashkin, Gerard Mourou dan Donna Strickland. Foto: AP

jpnn.com, STOCKHOLM - Nobel Fisika tahun ini terasa lebih istimewa. Bukan hanya karena temuannya yang luar biasa, tetapi juga karena para pemenangnya.

Tahun ini ada tiga peneliti dari tiga negara yang berbagi penghargaan bergengsi tersebut. Yakni, Donna Strickland dari Kanada, Gerard Mourou dari Prancis, dan Arthur Ashkin dari Amerika Serikat (AS).

Ashkin menjadi nobelis berkat pinset optik temuannya. Adapun Strickland dan Mourou menang setelah meneliti laser berintensitas tinggi.

Temuan mereka pada pertengahan 1980-an itu adalah terobosan bagi teknologi laser. Kini teknologi tersebut dipakai dalam berbagai hal. Mulai operasi mata sampai pembuatan mesin mikro.

Strickland adalah perempuan pertama dalam 55 tahun terakhir yang meraih Nobel Fisika. "Tentu saja harus ada fisikawan perempuan yang dapat penghargaan," ujar Strickland seperti dilansir Reuters.

Menurut dia, Royal Swedish Academy of Sciences belum menghargai fisikawan perempuan dengan layak. Ada begitu banyak ilmuwan perempuan yang berprestasi tapi belum diakui.

Penghargaan bergengsi di bidang fisika itu memang didominasi kaum adam. Selain Strickland, hanya ada dua perempuan lain yang menerima Nobel Fisika. Yakni, Marie Curie pada 1903 dan Maria Goeppert-Mayer pada 1963.

Sebagai nobelis, Strickland berhak atas hadiah sebesar 9 juta krona (sekitar Rp 15 miliar). Namun, dia akan berbagi dengan dua fisikawan lain.

Nobel Fisika tahun ini terasa lebih istimewa. Bukan hanya karena temuannya yang luar biasa, tetapi juga karena para pemenangnya

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News