JPNN.com

Tiga Penipu Berseragam Pegawai BPN Tertangkap Setelah Dijebak Korban, Begini Kronologinya

Rabu, 29 Juli 2020 – 16:36 WIB
Tiga Penipu Berseragam Pegawai BPN Tertangkap Setelah Dijebak Korban, Begini Kronologinya - JPNN.com
Korban Ridwan usai melaporkan kasus penipuan yang dialaminya ke SPKT Polda Sumsel. Foto : edho/sumeks.co

jpnn.com, PALEMBANG - Tiga pelaku penipuan dengan modal seragam dan atribut pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) ditangkap di Palembang, Sumsel, Selasa (28/7/2020) pagi.

Ketiga pelaku bernama Sarjono, Lagiman dan Andre ditangkap setelah dijebak korbannya sendiri yakni Ridwan, 64.

“Mereka dipancing bertemu di salah satu rumah makan di Jakabaring, Palembang, Sumsel dan ditangkap di sana,” ujar Ridwan kepada awak media saat melaporkan kasus tersebut ke Polda Sumsel, Selasa sore.

“Tiga orang ini menjanjikan bisa membuatkan sertifikat tanah saya di Jakabaring seluas 7,8 hektar. Status sertifikat tanah itu cuma sebatas gambar situasi (GS) dan akan dibuatkan Sertifikat Hak Milik (SHM),” tambahnya.

Ridwan mengaku, dia mengenali tiga pelaku dari keluarganya. Kepada korban, pelaku meyakinkan bisa membuatkan sertifikat tanah miliknya hingga menjadi SHM.

“Sekitar bulan Juni lalu kenal dengan Sarjono. Langsung minta tolong dan saya berikan Rp6 juta. Kemudian Sarjono mengenalkan Lagiman dan Andre. Satu pelaku saya tidak kenal,” katanya.

Lalu pelaku sering mendatangi korban dan terus meminta uang untuk mengurus sertifikat.

“Empat hari setelah pertemuan pertama, para pelaku datang dan meminta uang Rp30 juta lagi. Alasannya untuk mendaftar ke BPN Kota Palembang,” tambah Ridwan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi