Tim Mapala UI Berhasil Memetakan Jeram Sungai Ae' Dikit

Tim Mapala UI Berhasil Memetakan Jeram Sungai Ae' Dikit
Tim Ekspedisi Arung Jeram Sungai Ae’ Dikit 2016 dari Mapala Universitas Indonesia saat memetakan jeram sungai Ae’ Dikit, yang terletak di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi dan Kecamatan Penarik, Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. FOTO: Humas Mapal UI for JPNN.com

jpnn.com - JAMBI – Tim Ekspedisi Arung Jeram Sungai Ae’ Dikit 2016 dari Mapala Universitas Indonesia berhasil memetakan jeram sungai Ae’ Dikit, yang terletak di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi dan Kecamatan Penarik, Kabupaten Muko-muko, Bengkulu.

Ketua Pelaksana Ekspedisi Arung Jeram Sungai Ae’ Dikit, Teguh Iman Riyadi, mengatakan Ae’ Dikit adalah sungai yang belum pernah diarungi sebelumnya sehingga misi pemetaan jeram harus dilakukan guna mengetahui karakteristik dan potensi sungai sebelum diarungi dengan perahu karet.

Tim Pemetaan terdiri dari lima belas orang mahasiswa-mahasiswi Universitas Indonesia dari berbagai fakultas dan jurusan ini melaksanakan perjalanan telusur sungai sejak tanggal 1 hingga 7 Februari 2016.

Tim Mapala UI Berhasil Memetakan Jeram Sungai Ae' Dikit

Misi pemetaan sungai dilaksanakan selama enam hari, 1-6 Februari 2016. Misi ini melibatkan lima belas mahasiswa dan empat warga lokal sebagai pemandu. Sembilan belas orang tersebut dibagi menjadi tiga tim dan ditugaskan menyusuri bagian-bagian sungai yang telah ditentukan.

Tiga tim pemetaan berangkat pada waktu bersamaan yaitu tanggal 1 Februari. Pada pelaksanaannya, keseluruhan misi memakan waktu tujuh hari hingga tanggal 7 Februari 2016.

Pemetaan Sungai Ae’ Dikit membutuhkan waktu relatif lama. Tim harus menyusuri tepian sungai sejauh 53 kilometer yang dibagi menjadi 5 bagian (section).

Dalam pelaksanaannya, Tim Pemetaan sungai sepanjang 33 kilometer karena section terakhir (Section 5) tidak dipetakan.

JAMBI – Tim Ekspedisi Arung Jeram Sungai Ae’ Dikit 2016 dari Mapala Universitas Indonesia berhasil memetakan jeram sungai Ae’ Dikit,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News