Tim Sepak Bola Thailand dan Pelatihnya Dibius Total

Tim Sepak Bola Thailand dan Pelatihnya Dibius Total
Tim Sepak Bola Thailand dan Pelatihnya Dibius Total

Salah satu dari dua warga Australia yang bersama tim sepak bola Thailand dan membantu mereka melarikan diri dengan selamat dari gua Tham Luong telah mengungkapkan anak-anak dan pelatih mereka dikeluarkan dalam kondisi dibius total.

Pensiunan dokter hewan asal Perth, Australia Barat (WA) Craig Challen menjelaskan bagaimana dia bekerja erat dengan temannya dan sesama pakar penyelam gua, ahli anestesi dari Adelaide Dr Richard Harris, untuk menilai secara medis anak-anak dan pelatih mereka dan menyiapkan mereka untuk operasi penyelamatan, dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Program ABC, ‘Four Corner’.

Dalam wawancara mendalam pertamanya tentang operasi penyelamatan itu, Dr Craig Challen menegaskan bahwa anak laki-laki itu sangat terbius. 

"Tim penyelamat memang memiliki beberapa obat penenang untuk membuat mereka tetap tenang, karena hal terburuk yang bisa terjadi adalah salah satunya berasal dari orang-orang yang panik," katanya.

"Jika Anda menempatkan saya dalam topeng wajah penuh tanpa pengalaman sebelumnya dan menyeretku keluar dari gua, dan lamanya sekitar tiga jam perjalanan, maka saya akan ketakutan dan mungkin panik juga." 

Anak-anak dan pelatih mereka ditemukan oleh sepasang penyelam Inggris pada 2 Juli. 

Dr Craig Challen dan Dr Harris dipanggil oleh otoritas Thailand dan tiba di Thailand utara pada 6 Juli. Mereka masuk ke gua yang banjir pada hari berikutnya.

Tim Sepak Bola Thailand dan Pelatihnya Dibius Total Video: Last divers and emergency workers leave Thai cave as rescue mission ends (Indonesian)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News