Timnas U-16 Indonesia vs Australia: Demi Mengukir Sejarah

Timnas U-16 Indonesia vs Australia: Demi Mengukir Sejarah
Jelang hadapi Australia, Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fachri Husaini mempersiapkan latihan tendangan penalti di Lapangan Sime Darby Selangor, Minggu (30/9). Foto: Ahmad Khusaini /Jawa Pos

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Timnas U-16 Indonesia akan berhadapan dengan Australia pada babak perempat final Piala AFC U-16 2018 sore nanti.

Fakhri Husaini pernah mengatakan bahwa timnas Indonesia U-16 hanya butuh 360 menit untuk berlaga di pentas dunia. Nah, David Maulana dkk sudah berhasil melewati rintangan selama 270 menit di fase grup.

Artinya, Garuda Asia-julukan timnas U-16 hanya butuh 90 menit lagi untuk berlaga di Piala Dunia. Ya, jika bisa melewati hadangan Australia pada sore nanti, David Maulana dkk dipastikan menjadi kontestan Piala Dunia U-17 di Peru tahun depan.

Tentu, bukan perjuangan mudah untuk menuju Peru. Apalagi, Joeys-julukan Australia U-16 pernah mengalahkan timnas dengan skor 7-3 di Piala AFF U-16 tahun lalu. Namun, situasinya sekarang berbeda. Tahun lalu, Garuda Asia belum diperkuat oleh kiper Ernando Ari Sutaryadi, striker Sutan Zico, dan winger M. Supriadi. Ditambah lagi mereka minim persiapan saat berlaga pada Piala AFF yang digelar di Thailand itu.

Nah, masuknya tiga pemain itu jelas menambah kekuatan Garuda Asia. Ernando misalnya. Dia selalu tampil gemilang dan di Piala AFC U-16 ini dia baru kebobolan satu gol. Lini depan tentu juga berbeda jika dibandingkan pertemuan di Piala AFF lalu. Sutan Zico diprediksi akan menjadi ujung tombak serangan dengan disokong M.Supriadi di sisi kiri, dan Amiruddin Bagus Kahfi di sisi kanan.

"Saya percaya kepada seluruh pemain saya. Siapapun yang bermain saya percaya," kata Fakhri.

Demi target lolos ke semifinal dan berlaga di Piala Dunia U-17, Fakhri kemarin banyak menekankan latihan taktik. Latihan berlangsung kemarin pagi di Lapangan Sime Darby, Shah Alam, Selangor.

"Supaya mereka bekal punya modal. Apa yang mereka harus lakukan besok (hari ini, Red), baik saat menyerang maupun bertahan atau transisi positif dan negatifnya," jelas pelatih yang ditunjuk menangani timnas U-16 sejak Januari 2017 itu.

Jadwal Timnas U-16 Indonesia vs Australia, laga perempat final Piala AFC U-16 2018, sore nanti, live MNCTV pukul 15.30 wib.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News