Tindaklanjuti Arahan Presiden, Mentan SYL Targetkan Produksi 1 Juta Benih Kelapa Genjah

Tindaklanjuti Arahan Presiden, Mentan SYL Targetkan Produksi 1 Juta Benih Kelapa Genjah
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan arahannya kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mengembangkan dan menyebarkan benih kelapa genjah. Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, SERDANG BEDAGAI - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) bergerak cepat menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan dan menyebarkan benih kelapa genjah varietas pandan wangi Sumatera Utara (Sumut).

Menindaklanjuti arahan tersebut, Mentan SYL menargetkan produksi 1 juta benih kelapa yang akan difokuskan pada beberapa daerah di Sumut dan Jawa.

"Berapa produksi benih kelapa yang bisa ditargetkan dalam waktu dekat? Kami maksimalkan sampai 1 juta benih kelapa dan sebarkan ke daerah lain, seperti Jawa, Sumatra, terutama kami maksimalkan di Nias," kata Mentan SYL saat berdialog dengan salah satu penangkar benih kelapa genjah binaan Direktorat Jenderal Perkebunan di Serdang Bedagai, Sumut, Kamis (7/7).

SYL mengatakan arahan Presiden Jokowi tersebut secara langsung disampaikan pada saat meninjau proses penelitian minyak makan merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Kota Medan.

Pengembangan kelapa didorong untuk dikembangkan karena cara perawatannya mudah dan budidaya dapat dilakukan di lahan sempit, seperti di pekarangan rumah dan taman, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi kelapa ini rasanya enak untuk dikonsumsi dan pohonnya tidak tinggi. Namun, buahnya banyak jadi bisa dikembangkan di lahan sempit perkotaan. Sumber pendapatan masyarakat bisa lebih beragam lagi," ujarnya.

Mentan SYL menyebutkan kelapa genjah ini akan dikembangkan 100 hingga 200 ribu batang di Pulau Nias.

Tidak hanya Nias, tapi juga di daerah lain.

Mentan SYL menargetkan produksi 1 juta benih kelapa genjah yang akan difokuskan pada beberapa daerah di Sumut dan Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News