Tingkatkan Keselamatan Kerja, KESDM Adakan FKKO

Tingkatkan Keselamatan Kerja, KESDM Adakan FKKO
Tingkatkan Keselamatan Kerja, KESDM Adakan FKKO
JAKARTA - Untuk meningkatkan wawasan dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja, serta pengelolaan lingkungan dalam kegiatan operasi hulu dan hilir di sektor minyak dan gas bumi (migas), Ditjen Migas Kementerian ESDM (KESDM) menggelar Forum Komunikasi Keselamatan Operasi (FKKO) Migas 2010, sebagai media untuk menjalin peningkatkan komunikasi serta tukar-menukar informasi. Kegiatan yang diperuntukkan bagi para kepala dan wakil kepala teknik tambang di lingkungan kegiatan operasi hulu dan hilir migas itu, dibuka oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, didampingi Dirjen Migas KESDM Evita Herawati Legowo, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (24/11).

Dalam arahannya, Darwin mengajak para peserta untuk menjaga serta mementingkan tingkat keselamatan dalam kegiatan operasi migas, di samping keberhasilan dalam peningkatan produksi. "Keselamatan dalam operasi migas itu mempunyai konotasi arti yang lebih luas, yakni selamat orangnya, selamat lingkungannya dan selamat tingkat produksinya, serta selamat juga catatan karirnya," ucap Darwin.

Lebih lanjut, Darwin mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya FKKO Migas 2010 bertemakan "Menjaga Kesinambungan Operasi Migas dengan Mengurangi Unplanned Shutdown" ini, para pelaksana kegiatan operasi di sektor migas dapat lebih meningkatkan pelaksanaan pengawasan dan pembinaan dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja, serta pengelolaan lingkungan 'day to day' secara terus-menerus sesuai harapan.

"Kontribusi subsektor migas masih memegang peranan penting dalam penerimaan (negara), yaitu masih sekitar 30 persen dari total penerimaan negara. Migas merupakan sumber daya strategis yang tidak terbarukan yang dikuasai negara. Usaha migas merupakan pendorong pembangunan daerah, investasi, penyedia energi dan bahan baku domestik, serta menciptakan lapangan kerja. Jadi, unplanned shutdown pada operasi migas memiliki dampak yang luas jika sering terjadi," pungkasnya. (yud/jpnn)

JAKARTA - Untuk meningkatkan wawasan dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja, serta pengelolaan lingkungan dalam kegiatan operasi hulu dan hilir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News