Tingkatkan Mutu SMK RSBI, Siapkan Rp1,03 T

Tingkatkan Mutu SMK RSBI, Siapkan Rp1,03 T
Tingkatkan Mutu SMK RSBI, Siapkan Rp1,03 T
JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) telah menganggarkan dana sebesar  USD 115 juta atau sekitar Rp1,034 triliun untuk pengembangan sekolah menengah kejuruan (SMK) berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Indonesia.

Direktur Pembinaan SMK Kemendiknas , Joko Sutrisno menerangkan, dana tersebut rencananya akan digunakan untuk peningkatan mutu dan pengembangan SMK RSBI hingga 90 sekolah percontohan dan 230 sekolah aliansi binaan RSBI. "Sebanyak 90 RSBI itu kami pilih dari 226 SMK di seluruh Indonesia, yang penerimaan siswa putrinya mencapai 40 persen," terang Joko di Jakarta, Minggu (22/8).

Joko menerangkan, kriteria pemilihan sekolah lainnya adalah  sekolah yang mempunyai murid lebih dari 600 anak, memliki lahan yang cukup untuk perluasan pengembangan dan memiliki kepala sekolah yang memiliki kepemimpinan baik. “Kami merencanakan agar di setiap provinsi harus memiliki satu SMK RSBI percontohan atau model,” lanjutnya.

Selain itu, terang Joko, setiap SMK RSBI juga harus memiliki satu mata pelajaran keunggulan dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris dan bermitra dengan industry dalam negeri dan internasional. "Untuk sisi prestasi siswanya pun, kami memberikan syarat bahwa siswa yang akan bersekolah di SMK RSBI diutamakan para siswa yang memiliki nilai rata-rata 7 mata pelajaran matematika di Ujian Nasional (UN)," jelas Joko.

JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) telah menganggarkan dana sebesar  USD 115 juta atau sekitar Rp1,034 triliun untuk pengembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News