Tingkatkan Pembangunan Nasional, Kemenkes Gelar Health Business Gathering

Tingkatkan Pembangunan Nasional, Kemenkes Gelar Health Business Gathering
Infrastruktur PCR. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyelenggarakan Health Business Gathering sebagai upaya meningkatkan pembangunan nasional, terutama bidang kesehatan.

Upaya itu dilakukan dengan mengutamakan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur kesehatan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Health Business Gathering juga digelar untuk memperkuat hubungan, mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, dan mempromosikan kerja sama kesehatan dengan negara-negara mitra di seluruh dunia.

"Acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan transformasi kesehatan Indonesia 2021-2024," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Widyawati dalam keterangannya, Jumat (3/12).

Tujuan lainnya, yaitu untuk memfasilitasi dan menjalin komunikasi antarpengambil kebijakan dari Indonesia dan negara mitra, baik dari sektor pemerintah, institusi kesehatan, universitas, rumah sakit maupun industri.

Acara yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, itu diharapkan bisa mempercepat kerja sama di bidang kesehatan, khususnya kefarmasian dan alat kesehatan, layanan kesehatan, dan tenaga kesehatan.

Widyawati mengatakan Indonesia perlu memperkuat kemampuan dalam memprediksi dan merespon potensi krisis dengan selalu aktif dalam pemantauan sistem informasi, penguatan industri dalam negeri, kemampuan logistik, dan pemerataan distribusi produk dalam negeri.

Para peneliti, investor, universitas, perusahaan, dan rumah sakit didorong untuk meningkatkan kapasitas nasional dalam mengembangkan pusat bioteknologi dan memberikan insentif pada penelitian dan pengembangan industri kesehatan.

Kemenkes menggelar Health Business Gathering sebagai upaya meningkatkan pembangunan nasional, terutama di bidang kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News