Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Perkuat Sinergi di Jawa Tengah

Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Perkuat Sinergi di Jawa Tengah
Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY Padmoyo Tri Wikanto menyerahkan penghargaan kepada TIN AL Semarang, Jumat *28/5). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, SEMARANG - Guna meningkatkan pengawasan di semua lini, Bea Cukai di Jawa Tengah (Jateng) memperkuat sinergi dan koordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) di wilayahnya.

Upaya itu dilakukan melalui kunjungan kerja oleh Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY dan Bea Cukai Tanjung Emas.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY Padmoyo Tri Wikanto mengatakan sebagai community protector, instansinya akan bersinggungan secara langsung maupun tidak langsung dengan penegak hukum lain.

Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas tersebut, Bea Cukai harus aktif menjalin sinergi dengan TNI, Polri dan APH yang lain.

Pada Jumat (28/5), Tri Wikanto menyerahkan penghargaan Direktur Jenderal Bea dan Cukai dengan kategori prestasi luar biasa baik kepada Tim Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang.

Penghargaan ini diberikan kepada 11 anggota TNI atas kontribusi dan dukungan penuh dalam pelaksanaan penindakan kapal layar motor (KLM) Hikmah Jaya 3 atas dugaan importasi ilegal dengan melakukan bongkar muatan tekstil dan ballpress di luar kawasan pabean di Pelabuhan Kendal, Jateng pada Januari 2021 lalu.

“Penghargaan ini merupakan bentuk nyata dari kolaborasi antara Bea Cukai dengan TNI Angkatan Laut Semarang. Sinergi akan dibangun, sehingga proses penindakan, penyidikan, dan pemberkasan dapat menjadi satu kesatuan dan berjalan dengan baik," ucap Tri Wikanto dalam keterangan, Jumat (4/6).

Selain TNI, sinergi yang baik juga dijalin Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY dengan Ditpolairud Polda Jateng. Hal itu melalui kunjungan Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY Moch Arif Setijo Noegroho pada Kamis (3/6).

Bea Cukai memperkuat sinergi dengan penegak hukukm lain wilayah Jateng, seperti TNI - Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News