Tinjau Korban Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Bilang Begini

Tinjau Korban Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Bilang Begini
Presiden Joko Widodo tiba di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, LUMAJANG - Presiden Jokowi meninjau sejumlah lokasi yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12).

Dia mengatakan kedatangannya untuk memastikan penanganan bencana erupsi berjalan baik.

"Saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, evakuasi, penanganan pengungsi di lapangan, dan rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini," kata Jokowi setelah meninjau Jembatan Gladak Perak di Kecamatan Candipuro.

Setelah melihat kondisi jembatan, Jokowi juga meninjau posko terpadu yang dilengkapi dengan dapur umum, layanan kesehatan, hingga penyembuhan trauma bagi anak di Lapangan Desa Sumberwuluh.

Pejabat asal Solo itu menyempatkan berdialog bersama sejumlah warga yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

"Saya juga ingin memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan pengungsi juga tertangani dengan baik, yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik," bebernya.

Menurut Jokowi, pemerintah akan mendorong perbaikan infrastruktur bisa segera dimulai setelah penanganan bencana selesai.

Selain itu, pemerintah juga merencanakan kemungkinan merelokasi rumah-rumah warga yang berada di lokasi berbahaya untuk dihuni.

Presiden Jokowi meninjau langsung sejumlah lokasi yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12).