Tiongkok Jajaki Pembangunan Pabrik Semen

Tiongkok Jajaki Pembangunan Pabrik Semen
Tiongkok Jajaki Pembangunan Pabrik Semen
JAKARTA - Anhui Conch Cement Company Ltd berminat menanamkan investasi untuk pembangunan pabrik semen di Indonesia. Saat ini, perusahaan milik pemerintah Tiongkok tersebut sedang melakukan feasibility study (FS)terhadap dua tambang kapur di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Dirjen Industri Berbasis Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan, dua tambang kapur di Indonesia menjadi bagian dari rencana investasi produsen semen yang sekarang memiliki kemampuan produksi 140 juta ton itu. Rencananya, di dua lokasi itu bisa dibangun pabrik semen dengan kapasitas sebesar 2 juta-3 juta ton. "Kalau FS sudah selesai dan mendapatkan tambang kapur, mereka segera membangun pabrik," ujarnya.

Anhui memang berencana menggarap pasar semen di Indonesia. Mereka membidik empat lokasi dengan estimasi nilai investasi USD 3,35 miliar dan kapasitas produksi 36.400 ton klinker per hari. Lokasi yang mereka incar untuk pembangunan pabrik antara lain di Tanjung Kabupaten Tabalong (Kalimantan Selatan) dan di kawasan Sepinang (Kalimantan Timur). Sedangkan dua pabrik lainnya rencananya akan dibangun di Pontianak (Kalimantan Barat) dan di Papua Barat.

Selain Anhui, lanjut dia. Sejumlah pabrik semen dalam negeri juga sedang melakukan ekspansi. Diperkirakan, secara nasional akan ada penambahan produksi semen dari 52 juta ton menjadi 58 juta ton.

JAKARTA - Anhui Conch Cement Company Ltd berminat menanamkan investasi untuk pembangunan pabrik semen di Indonesia. Saat ini, perusahaan milik pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News