Tiongkok Resmi Operasikan Teleskop Raksasa FAST, Perburuan Alien Dimulai

Tiongkok Resmi Operasikan Teleskop Raksasa FAST, Perburuan Alien Dimulai
FAST, teleskop radio terbesar di dunia milik Tiongkok. Foto: NAO/FAST

jpnn.com, GUIZHOU - Tiongkok secara resmi mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia, Sabtu (11/1). Instrumen canggih itu akan digunakannya untuk penelitian ruang angkasa dan membantu perburuan kehidupan di luar bumi alias alien.

Xinhua melaporkan, Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) memiliki ukuran setara luas 30 lapangan sepak bola. Teleskop itu dibangun di sebuah kawasan gunung di Provinsi Guizhou.

Teleskop itu sebenarnya selesai dibangun pada 2016 dan telah menjalani uji coba beberapa tahun kemudian. Namun, pemerintah pusat baru mengeluarkan izin pengoperasiannya.

Chief Engineer FAST Jiang Peng mengatakan kepada Xinhua bahwa operasi uji coba teleskop sejauh ini dapat diandalkan dan stabil. Sensitivitasnya lebih dari 2,5 kali lipat teleskop terbesar kedua di dunia.

Proyek ini juga telah memperoleh beberapa data ilmiah yang berharga dari waktu ke waktu dan diharapkan dapat membantu mengarah pada beberapa terobosan ilmu pengetahuan.

Memajukan program luar angkasa Tiongkok adalah prioritas bagi Beijing. Negeri Tirai Bambu itu bertekad mengejar ketinggalan dari Rusia dan Amerika Serikat dan menjadi kekuatan luar angkasa utama pada tahun 2030. (ant/dil/jpnn)

Tiongkok secara resmi mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia yang akan digunakan untuk membantu pencarian kehidupan di luar bumi alias alien


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News