TNI AL Bangun Lagi 2 Kapal Rumah Sakit Berkemampuan Tangani Pasien Covid-19

TNI AL Bangun Lagi 2 Kapal Rumah Sakit Berkemampuan Tangani Pasien Covid-19
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memberikan keterangan pers saat meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pusat Perbelanjaan Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Rabu (22/9). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL menambah lagi dua Kapal Rumah Sakit yang saat ini sedang dibangun salah satunya di PT PAL Surabaya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pusat Perbelanjaan Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Rabu (22/9) yang diinisiasi Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) bekerja sama dengan Manajemen Mangga Dua Square dan Puskesmas Pademangan.

Menurut Yudo, pembangunan kapal rumah sakit ini akan disesuaikan dengan kemampuan penanganan Covid-19 sehingga nantinya langsung digunakan sebagai rumah sakit isolasi terpadu.

“Dua Kapal rumah sakit ini akan lebih canggih dibandingkan 2 Kapal Rumah Sakit yang ada saat ini,” ujar KSAL.

Alumnus Akademi Angkatan Laut Tahun 1988 ini mengatakan TNI AL masih terus melaksanakan serbuan vaksinasi dengan memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki dalam mendukung program pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19. Sebelumnya difokuskan ke daerah-daerah pesisir, pulau-pulau terluar, kampung nelayan, dan sentra-sentra perikanan.

Sejak tanggal 23 Juni 2021 lalu TNI AL sudah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1,1 juta khusus daerah pesisir.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi di Mangga Dua Square ini adalah kegiatan hari kedua setelah pelaksanaan hari pertama Senin (21/9) kemarin yang menargetkan 1.300 orang dengan jenis vaksin Astra Zeneca.

Tenaga Kesehatan (Nakes) yang dilibatkan terdiri dari 15 Nakes TNI AL, 2 Nakes dari Puskesmas Pademangan, 10 personel satgas pengawas Covid-19 dari Mangga Dua Square dan 2 orang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

TNI AL menambah lagi dua Kapal Rumah Sakit berkemampuan tangani pasien covid-19 dan saat ini sedang dibangun di PT PAL Surabaya.