TNI AU Memperbarui Pesawat Tempur F-16 jadi Lebih Canggih

TNI AU Memperbarui Pesawat Tempur F-16 jadi Lebih Canggih
Satu dari 10 pesawat F-16 milik TNI AU. Foto: Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - TNI AU berhasil meng-upgrade pesawat tempur F-16 menjadi lebih canggih, dengan struktur dan avionik baru.

Rencananya semua pesawat F-16 AB yang dimiliki TNI AU akan di-upgrade semuanya oleh teknisi dari TNI AU sendiri.

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, menjelaskan, pesawat F-16 type AB yang dimiliki TNI AU sudah beroperasi 30 tahun, sejak tahun 1989 sehingga perlu di-upgrade untuk meningkatkan kemampuan tempur.

Beberapa bagian yang di-upgrade, seperti struktur pesawat, avionic, armament system, kemampuan membawa rudal jarak sedang, dan radar yang juga ditingkatkan.

"Suatu kebanggaan bagi TNI AU, karena upgrade pesawat F-16 ini, dilakukan oleh TNI AU sendiri, bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia, dengan supervisi dari lockheed martin," kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Marsekal Yuyu melihat langsung test flight pesawat F-16 yang sudah di-upgrade, dengan pilot dari lockheed martin. Secara umum, test flight pesawat yang sudah canggih ini, berjalan bagus.

Tidak hanya 1 pesawat ini saja, upgrade pesawat akan juga dilakukan ke 9 pesawat F-16 type AB yang lain. Ditargetkan bulan depan pesawat kedua sudah rampung.

"Untuk upgrade pesawat yang ke 3 dan selanjutnya nanti, akan dilakukan oleh TNI AU sendiri, bersama PT Dirgantara, termasuk pilot yang akan melakukan test flight juga dari TNI AU sendiri. Karena ada 4 pilot TNI AU yang akan diberangkatkan ke Amerika untuk belajar," pungkas Marsekal Yuyu. (pul/pojokpitu/jpnn)

Semua pesawat tempur F-16 AB yang dimiliki akan di-upgrade oleh teknisi dari TNI AU sendiri.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News