Tok, Mansyur dan Sekretarisnya Divonis Bebas

Tok, Mansyur dan Sekretarisnya Divonis Bebas
Palu hakim simbol putusan pengadilan. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BANJARMASIN - Kepala Desa (Kades) Simpang Warga Dalam, Kecamatan Aluh Aluh, Kabupaten Banjar bernama Mansyur dan sekretarisnya, Abdul Rasyid, divonis bebas oleh majelis hakim dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin, Rabu (7/4).

Ketua Majelis Hakim yang diketuai Dari Swastika menyatakan, kedua terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan rumah nelayan di Desa Simpang Warga Dalam tersebut tidak terbukti bersalah.

Sebelumnya, keduanya dituduh melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana yang didakwakan. Hakim memutuskan mereka dibebaskan sekaligus dikeluarkan dari tahanan.

"Alhamdulillah, dua klien kami akhirnya bebas," kata Sugeng Aribowo, pengacara dari LBH Peduli Hukum dan Keadilan, Rabu (7/4). 

Sugeng didampingi Junaidi, serta Direktur LBH Azrina Fradella menjelaskan, dari fakta persidangan, kedua klien mereka tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Meski divonis bebas, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syaiful Bahri masih pikir-pikir atas keputusan hakim. "Pikir-pikir," katanya saat sidang.

Sekadar diketahui, pada tahun 2018 sampai 2020, di Desa Simpang Warga Dalam menerima bantuan untuk membangun rumah khusus nelayan. Dengan catatan, lahan yang digunakan adalah milik desa. Seorang warga menghibahkan lahan untuk keperluan 50 unit rumah.

 

Kepala Desa (Kades) Simpang Warga Dalam, Kecamatan Aluh Aluh, Kabupaten Banjar bernama Mansyur dan sekretarisnya, Abdul Rasyid, divonis bebas oleh majelis hakim dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin, Rabu (7/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News