Tok, Tok, Pemkab-DPRD Cianjur Sepakati Pemekaran Cianjur Selatan

Tok, Tok, Pemkab-DPRD Cianjur Sepakati Pemekaran Cianjur Selatan
Sejumlah tokoh warga selatan Cianjur melakukan sujud syukur atas penandatanganan bersama Pemkab Cianjur dan DPRD Cianjur, terkait terbentuknya DOB Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Pemkab dan DPRD Cianjur, Jawa Barat, menandatangani kesepakatan mendukung pemekaran Cianjur Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) seusai rapat paripurna dalam rangka Hari Jadi ke-343 Cianjur yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Cianjur, Minggu (12/7).

Suasana haru dan suka cita terlihat dari raut wajah peserta dan tamu undangan yang hadir dalam rapat paripurna HJC ke-347, terutama berbagai kalangan warga Cianjur Selatan yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) karena harapan mereka untuk menjadi kabupaten mandiri segera terwujud.

"Mimpi masyarakat selatan Cianjur untuk memiliki kabupaten sendiri tinggal beberapa langkah karena bupati dan DPRD Cianjur sudah sepakat dan menyetujui pemekaran Cianjur Selatan," kata Ketua PMCK Ceng Badri.

Ia menjelaskan, dengan ditandatangani surat kesepakatan bersama mendukung pemekaran Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri terpisah dari Kabupaten Cianjur, adalah puncak dari perjuangan tokoh selatan selama belasan tahun terakhir yang akhirnya segera terbentuk.

PMCK ungkap dia, akan segera menyiapkan berbagai keperluan guna mendukung terbetuknya DOB seperti syarat administrasi yang belum lengkap dan merapatkan kembali panitia persiapan DOB Cianjur Selatan, sambil menunggu usulan yang akan diserahkan Bupati Cianjur ke pusat.

"Sambil menunggu kami segera melakukan rapat dengan berbagai kalangan di selatan, untuk ikut serta membantu menyiapkan berbagai keperluan termasuk melengkapi syarat administrasi yang belum lengkap. Ini adalah kado terindah untuk warga Selatan Cianjur pada HJC ke-343," katanya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama mendukung terbentuknya DOB Cianjur Selatan, merupakan kado terindah yang diberikan kabupaten induk pada warga di selatan Cianjur untuk mandiri, sehingga pembangunan diberbagai bidang di wilayah tersebut dapat terlaksana degan cepat, merata dan tepat sasaran.

"Kami akan segera melayangkan surat dukungan terbentuknya DOB Cianjur Selatan ke pemerintah pusat dan provinsi untuk segera disetujui. Kami juga akan memenuhi kewajiban yang harus dilaksanakan kabupaten induk sebagai bentuk mendukung berjalannya pemerintahan DOB," katanya.

Pemkab dan DPRD Cianjur menandatangani kesepakatan mendukung pemekaran Cianjur Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News