Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini
Pekerja mengoperasikan alat berat untuk memasang pembatas jalan pada proyek Tol Cisumdawu di Jatinangor, Kabupateng Sumedang, Jawa Barat. Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan ruas Tol Cisumdawu Seksi 6B dan Tol Ancol Timur–Pluit (Elevated) sangat krusial, kehadirannya sudah ditunggu masyarakat.

Khusus Tol Cisumdawu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan dapat dioperasikan pada tahun ini.

"Khusus Tol Cisumdawu, penyelesaiannya menjadi prioritas Presiden Joko Widodo. Saya berharap dengan penandatanganan kontrak ini, Tol Cisumdawu dapat dioperasikan pada 2021 sebagai dukungan agar Bandara Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari 1 jam,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (5/1).

Pada awal tahun 2021, Tol Cisumdawu dan Ancol Timur–Pluit (Elevated) baru segera dimulai pembangunannya.

Dimulainya pembangunan dua ruas tol tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak pekerjaan pembangunan.

Basuki menginstruksikan kepada pihak kontraktor pelaksana untuk segera memulai pekerjaan lapangan sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

“Untuk kontraktor PT. Brantas Abipraya (Persero) yang bekerja sama dengan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola jalan tol ruas Cisumdawu harus langsung bekerja dan dalam dua minggu ke depan saya akan memantau progresnya di lapangan,” ujarnya.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan dengan telah dilakukannya penandatanganan kontrak pada masing-masing ruas tol ini, maka diharapkan sinergi antara swasta dan BUMN dapat berkontribusi positif dan pembangunan infrastruktur jalan tol dapat berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Pembangunan ruas Tol Cisumdawu Seksi 6B dan Tol Ancol Timur–Pluit (Elevated) sudah ditunggu masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News