Tol Ini akan Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia

Tol Ini akan Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia
Presiden Joko Widodo saat meresmikan groundbreaking pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru, Jumat (9/2) sore.

jpnn.com, PADANG PARIAMAN - Presiden Joko Widodo meresmikan groundbreaking pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru, Jumat (9/2) sore.

Untuk tahap pertama, Tol tersebut dibangun mulai Nagari Kasang, Kecamatan Batanganai, hingga Nagari Sicincin, Kecamatan 2x11 Enamlingkung.

Panjang jalan yang akan dibangun yaitu 28 kilometer dengan biaya Rp 4,8 triliun.

Presiden yang akrap disapa Jokowi tersebut menjelaskan, bahwa langkah lain yang sangat fundamental untuk dapat bersangin dengan Negara lain yaitu dengan pembangunan infrastruktur. Sebab pembangunan infrastruktur dapat mempermurah biaya transportasi atau logistik di Indonesia.

“Saya berikan contoh sekarang ini, kalau kita bersaing dengan Malaysia kita kalah. Karena biaya transportasi kita, biaya logistic masih dua kali lipat mahalnya disbanding Malaysia. Kalau kita dengan SIngapur tiga kali lipat lebih mahal,” ujar Jokowi dalam sambutannya saat groundbreaking Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru, di Nagari Kasang.

Menurut Jokowi, tidak akan mungkin produk dalam negeri dapat bersaing dengan Negara lain, apabila biaya logistik dalam negeri masih sangat mahal. Untuk itu, dia meyakini Jalan Tol solusi permasalahan logistik tersebut. Dari penjelasan Gubernur Provinsi Riau, katanya waktu yang dibutuhkan dari Pekanbaru ke Padang sekitar Sembilan jam.

“Kalau nanti Tol ini, yang insya Allah selesai 2023, Padang ke Pekanbaru hanya membutuhkan waktu dua setengah sampai tiga jam,” ujar Jokorwi yang disambut tepuk tangan sejumlah kepala daerah dan masyarakat yang hadir dalam groundbreaking tersebut.

Untuk itu, dia yakin persaingan dapat dimenangkan dengan pembangunan infrastruktur, seperti Jalan Tol tersebut. Selain itu, menurutnya keberadaan Jalan Tol, bisa berdampak terhadap potensi di bidang pariwisata.

Presiden Joko Widodo meresmikan groundbreaking pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru, Jumat (9/2) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News