Tolong, Warga Cari Air Bersih Hingga ke Tengah Hutan

Tolong, Warga Cari Air Bersih Hingga ke Tengah Hutan
Warga mengalami krisis air bersih. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, NGAWI - Warga Desa Gunungsari, Kabupaten Ngawi sedang mengalami krisis air. Sumur dan mata air di desa tersebut telah mengering. Karena itu mereka harus mencari sumber air bersih untuk bertahan hidup.

Bukan sumber air jernih dan berlimpah yang dituju, melainkan lubang mata air di tengah hutan gersang. Itulah yang dilakukan warga sejak sumur dan sumber air mereka mengering dalam lim bulan terkahir.

Meski jumlahnya tak banyak dan keruh, lubang itu telah menjadi tumpuan ratusan warga setempat, untuk masak dan minum saja. Sedangkan untuk kebutuhan mandi sudah tidak mencukupi.

Ika Wijayanti, warga setempat, mengatakan, setiap hari dia bersama warga yang lain berjuang mendapatkan air dari lubang di tengah hutan.

"Warga rela antre hingga berjam-jam, itupun jika masih mendapatkan air. Jika tidak, hanya bisa mengandalkan belas kasihan dari tetangga yang saat itu mendapatkan air," kata Ika.

Dengan kondisi tersebut, warga hanya bisa berharap Pemerintah Kabupaten Ngawi, segera turun tangan memberikan bantuan air bersih untuk meringankan penderitaannya. (yos/jpnn)


Sudah lima bulan warga mengalami kekeringan karena musim kemarau dan krisis air bersih.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News