Tommy akan Bawa Golkar Oposisi

Tommy akan Bawa Golkar Oposisi
IKUT PENCALONAN : Hutomo Mandala Putra saat menggelar konfrensi pers di gedung Granadi Kuningan, Jakarta, kemarin. Pria yang akrab dipanggil Tomi Soeharto ini mengumumkan kesiapannya mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Golkar di Riau 4 Oktober mendatang.foto : UKON FURKON SUKANDA/INDO.POS.
JAKARTA - Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto akhirnya resmi mencalonkan diri. Putra mantan Presiden Soeharto itu kemarin mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum Partai Golkar di Gedung Granadi, Kuningan. Dalam pernyataan politiknya, Tommy berjanji akan membawa Golkar lebih merakyat dan independen.

    

"Partai Golkar harus menjadi partai yang independen. Artinya, Golkar bukan partai koalisi pemerintah. Golkar adalah partai yang mementingkan kepentingan rakyat. Kalau pemerintah baik, didukung. Kalau tidak baik, harus dikritisi," tegas Tommy di depan puluhan undangan.Acara deklarasi tersebut sepi dari pejabat teras partai beringin. Yang terlihat, antara lain, Ketua DPP Partai Golkar Endang Agustini Syarwan Hamid, Yuddy Chrisnandi, dan sejumlah perwakilan ketua DPD II Golkar. Hadir pula mantan Asisten Teritorial Kepala Staf TNI-AD Mayjen TNI (pur) Saurip Kadi dan cucu Soeharto, Ari Sigit.

     

Mantan terpidana kasus pembunuhan Hakim Agung Syaifuddin Kartasasmita itu mengaku tak bisa melepaskan diri dari partai yang kelahirannya dibidani ayahnya tersebut. Sebab, Golkar adalah bagian dari hidupnya. Karena itu, kendati tidak secara langsung terjun di kepengurusan Golkar, Tommy mengaku aktif di Dewan Pembina MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong), salah satu organisasi pendiri Golkar.

     

Itu pula yang menjadi kartu truf Tommy untuk lolos dari ganjalan AD/ART. Dalam pasal 112 AD/ART Partai Golkar disebutkan bahwa calon ketua umum harus pernah aktif di kepengurusan DPP dan atau DPD I atau pada organisasi pendiri atau yang didirikan Golkar. Nah, MKGR adalah salah satu organisasi pendiri Golkar. "Lagi pula, calon-calon lain pun tidak memungkinkan lolos dari syarat itu. Jadi, wajar saja kalau saya lewat jalur ini," kata Tommy. Dia merujuk pada langkah Aburizal Bakrie alias Ical yang memperoleh surat keputusan (SK) bukti kepengurusan dari SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) dan Surya Paloh yang mungkin bakal masuk dari Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI).

     

JAKARTA - Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto akhirnya resmi mencalonkan diri. Putra mantan Presiden Soeharto itu kemarin mendeklarasikan diri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News