Top, Gowes Presisi Khatulistiwa Tempuh Jarak 508 Km Kurang dari 24 Jam, Raih Rekor MURI

Top, Gowes Presisi Khatulistiwa Tempuh Jarak 508 Km Kurang dari 24 Jam, Raih Rekor MURI
Peserta gowes Presisi Khatulistiwa bersepeda dari Mabes Polri ke Akpol, Semarang, atau menempuh jarak 508 km kurang dari 24 jam. Capaian ini masuk dalam rekor MURI. Foto: Dok Humas Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 64 peserta dari TNI, Polri, komunitas sepeda, dan atlet gowes Presisi Khatulistiwa berhasil bersepeda dari Mabes Polri ke Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang, Jawa Tengah, atau menempuh jarak 508 kilometer dengan waktu kurang dari 24 jam.  Capaian gowes Presisi Khatulistiwa itu masuk dalam rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

Rombongan yang terbagi dalam Tim Arjuna dan Tim Garuda itu memasuki Gerbang Tanggon Kosala Akpol, Minggu (26/6) pagi pukul 05.14 WIB.

Kedatangan rombongan disambut langsung Gubernur Akpol Irjen Suroto beserta sejumlah pejabat utama (PJU) dari Akpol dan Polda Jateng yang kemudian mengalungkan karangan bunga pada sejumlah peserta gowes.

Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kadiv TIK) Polri Inspektur Jenderal Slamet Uliandi, yang menjadi salah satu peserta, mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan gowes Presisi Khatulistiwa, selain dalam rangka menyambut HUT ke-76 Bhayangkara, juga untuk menyaring bibit-bibit muda atlet sepeda yang diharapkan bisa turun di event internasional.

"Upaya pemecahan rekor MURI juga bagian dari peningkatan ekonomi dan investasi di Indonesia. Sepanjang jalur yang dilalui terus kami gelorakan dan juga melakukan bakti sosial hingga menempuh jarak 508 km," kata Irjen Slamet, Minggu (26/6).

Jenderal bintang dua ini menambahkan upaya pemecahan rekor MURI tersebut bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan.  Terlebih lagi, medan yang harus dilalui para pesepeda tidak mudah. 

"Medannya enggak gampang, 508 km ditempuh dengan target waktu di bawah 24 jam. Kami berangkat dari Mabes Polri pukul 05.30 WIB, Sabtu (25/6), dan alhamdulillah Minggu (26/6) pukul 05.15 WIB sudah sampai di Akpol,” katanya. 

Karolog Polda Jateng Kombes Farid Bachtiar Effendi yang juga menjadi salah satu peserta mengatakan rekor MURI tersebut dipecahkan melalui kerja sama, baik antarregu dalam tim gowes.

Peserta Gowes Presisi Khatulistiwa berhasil menempuh jarak 508 km kurang dari 24 jam. Capaian ini masuk dalam Rekor MURI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News