Total Tanah Wakaf 300 Ribu Hektare

Total Tanah Wakaf 300 Ribu Hektare
Total Tanah Wakaf 300 Ribu Hektare
JAKARTA --Luas tanah wakaf di Indonesia ternyata mencapai ratusan ribu hektare (ha). Data dari Kementerian Agama menyebutkan, luas tanah wakaf yang tersebar di semua provinsi mencapai lebih dari 300.000 Ha. "Saya dapat data dari Kementerian Agama, tanah-tanah wakaf tersebut tersebar di sekitar 366.500 lokasi," ungkap Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/8).

Luas tanah wakaf terluas berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) seluas 133.000 Ha. Sedangkan di Jakarta tanah wakaf yang masih ada sekitar 958 Ha. “Tanah wakaf itu merupakan resources capital yang cukup besar. Bahkan dapat dikatakan Indonesia memiliki harta wakaf terbesar di dunia.

Hal ini merupakan tantangan bagi para pemangku kepentingan bidang properti bagaimana bisa mengelola tanah wakaf yang ada agar bisa memberikan nilai ekonomis tinggi,” jelasnya.

Suharso menambahkan, tiap tahun kemampuan pembangunan rumah secara nasional hanya 500.000 unit. Tentunya tanah wakaf memiliki potensi untuk mengurangi backlog (kekurangan kebutuhan) perumahan. (esy/jpnn)

JAKARTA --Luas tanah wakaf di Indonesia ternyata mencapai ratusan ribu hektare (ha). Data dari Kementerian Agama menyebutkan, luas tanah wakaf yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News