Toyota Yaris Cross Beri Kejutan ke Honda HR-V

Toyota Yaris Cross Beri Kejutan ke Honda HR-V
Toyota Yaris Cross. Foto: Toyota

jpnn.com - Toyota telah meluncurkan SUV kompak baru dengan platform GA-B, yakni Yaris Cross. Khusus pasar Eropa, dan mulai dijual 2021.

Yaris Cross lahir hasil kolaborasi R&D Jepang dan Eropa, di bawah instruksi Lance Scott, Design General Manager at Toyota EDD Studio di Nice, Prancis.

Toyota telah menyiapkan fasilitas produksinya di Prancis, dengan kapasitas yang ditargetkan sebanyak 150.000 unit.

Mesin hybrid tiga silinder Atkinson 1.5 liter yang disematkan pada Yaris Cross, diklaim lebih presisi mereduksi gesekan dan minim kendala teknis serta pembakaran lebih optimal.

Meski mesinnya sangat ringkas, namun dapat menyuguhkan tenaga 116 Hp yang responsif. Tapi tak mengesampingkan emisi gas buang, dikabarkan hanya 90 g/km.

Meskipun jarak sumbu roda yang sama dengan Yaris Hatchback yakni 2.560 mm. Namun, Cross lebih panjang 240 mm menjadi 4.180 mm, dengan tambahan 60 mm di bagian overhang dan 180 mm di bagian belakang.

Sementara itu, lebarnya bertambah 20 mm dan tingginya bertambah 90 mm ketimbang model hatchback. Ground clearance-nya 160 mm, angka standar di kelas SUV kompak.

Perihal kepraktisan, Yaris Cross menyajikan muat barang yang cukup berkat desain bagasi yang memadai. Selain itu, kursi belakang juga bisa dilipat dengan konfigurasi 40:20:40.

Toyota telah meluncurkan SUV kompak baru dengan platform GA-B, yakni Yaris Cross. Khusus pasar Eropa, dan mulai dijual 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News