Transfer Dana Daerah Diwacanakan Diganti Obligasi

Transfer Dana Daerah Diwacanakan Diganti Obligasi
Transfer Dana Daerah Diwacanakan Diganti Obligasi
JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah menyiapkan sebuah langkah baru dalam pembiayaan dalam negeri. Untuk mengurangi porsi kepemilikan asing dalam instrumen obligasi negara, pemerintah berencana untuk menerbitkan obligasi valas di pasar dalam negeri, dan berencana mengganti dana transfer ke daerah dengan pemberian obligasi.

Saat ditemui wartawan di lingkungan kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Jumat (14/1), Menkeu Agus Martowardojo tidak membantah perihal rencana tersebut. Namun katanya, rencana ini masih sebatas wacana alternatif dan masih perlu jangka waktu untuk merealisasikannya.

"Itu masih kajian alternatif. Kita perlu mengelola dana anggaran seoptimal mungkin. Kita masih pelajari kemungkinan menyediakan dana bagi pemerintah daerah (Pemda) dalam bentuk obligasi," kata Agus.

Agus mengatakan, selama ini beberapa pemda yang menerima dana transfer daerah dalam jumlah yang sangat besar, tidak optimal dalam pemanfaatan dana-dana mereka. Dana-dana tersebut tidak langsung digunakan dan harus tersimpan beberapa waktu. Untuk memanfaatkan jumlah dana yang besar itu, maka pemerintah mengarahkannya untuk dimanfaatkan sementara waktu.

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah menyiapkan sebuah langkah baru dalam pembiayaan dalam negeri. Untuk mengurangi porsi kepemilikan asing dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News